Sabtu, 18 Agustus 2018

Pengertian Jaringan Komputer beserta Manfaat dan Jenisnya

  Admin Nolep       Sabtu, 18 Agustus 2018
Pengertian Jaringan Komputer beserta Manfaat dan Jenisnya

Pengertian Jaringan Komputer beserta Manfaat dan Jenisnya - Tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita dengan yang namanya warnet, tapi pernahkah kalian memikirkan bagaimana cara membuatnya? Seperti yang kalian ketahui warnet sendiri terdiri dari banyak komputer dan susunan kabel yang digunakan untuk menyatukan semua komputer menjadi sebuah kesatuan yang disebut jaringan atau network. Lantas apa itu jaringan komputer, berapa jenisnya, dan apa saja manfaatnya jika kita membangun sebuah jaringan komputer? Berikut ulasan singkatnya agar mudah dipahami sobat pembaca artikel blog sederhana ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi seperti untuk melakukan komunikasi pertukaran data antara satu komputer dengan komputer yang lainnya.


Jenis-Jenis Jaringan Komputer

  • PAN (Personal Area Network), adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer terdekat dari satu orang dengan beberapa perangkat lain. Contohnya penggunaan bluetooth.
  • LAN (Local Area Network), adalah jaringan komputer yang luasnya hanya mencakup wilayah terbatas satu ruangan atau satu bangunan. Contohnya seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
  • MAN (Metropolitan Area Network), adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi kampus, perkantoran, gedung, dan sebagainya.
  • WAN (Wide Area Network), merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar dari antar negara hingga antar benua. Contohnya jaringan internet.

Manfaat dan Keuntungan Jaringan Komputer

Setelah mengetahui apa itu jaringan komputer dari materi di atas, lalu apa sih manfaatnya? Berikut beberapa keuntungan dari jaringan komputer:

  1. Dapat saling sharing penggunaan sumber daya peralatan (devices) secara bersamaan seperti harddisk, printer, modem, dan lain sebagainya.
  2. Dapat saling sharing penggunaan file yang ada pada server atau pada masing-masing komputer klien atau workstation yang ada pada jaringan.
  3. Aplikasi yang ada dapat dipakai bersama-sama (multiuser).
  4. Bisa memberikan ijin penggunaan kepada masing-masing pengguna, sehingga memiliki otorisasi akses ke jaringan memakai nama, kata sandi, dan pengaturan hak untuk data-data yang bersifat rahasia.
  5. Komunikasi antar pemakai melalui email atau LAN Conference
  6. Dapat melakukan pengontrolan para user ataupun pemakaian data secara terpusat oleh orang-orang tertentu, sehingga meningkatkan keamanan dan dapat melakukan pendelegasian pekerjaan yang sesuai.
  7. Mudah dalam melakukan backup data, karena manajemen yang tersentralisasi.
  8. Tidak tergantung kepada orang yang menyimpan data, karena pennyimpanan data dilakukan secara tersentralisasi atau terpusat.
  9. Data yang selalu up to date karena server senantiasa meng-update data jika ada input (data entry) diterima oleh komputer.
  10. Administrator dapat melakukan pengontrolan user berdasarkan waktu akses, tempat akses, kapasitas pemakaian hard disk, mendeteksi pemakai yang tidak berhak, dan melakukan monitoring pekerjaan setiap pemakai.

Itulah pembahasan singkat tentang jaringa pada komputer, mulai dari pengertian, jenis, dan beberapa manfaatnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman jika artikel ini membantu sobat UpilTekno. Terima kasih :D

logoblog

Thanks for reading Pengertian Jaringan Komputer beserta Manfaat dan Jenisnya

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar