Senin, 11 September 2017

Rakit PC: Gaming dan Multimedia 6 Jutaan September 2017

  Admin Nolep       Senin, 11 September 2017
Rakit PC Gaming Multimedia 5 Jutaan

UpilTekno - Rakit PC gaming dan multimedia dengan budget 6 jutaan? Sebenarnya mungkin sih uang segitu, kalau masih ngebet ingin bermain game lebih baik beli konsol, baik PS4 ataupun Xbox one gitu. Tapi bisa saja kita membuat konsol killer, dengan budget seminimal mungkin. Tapi jangan terlalu tinggi harapannya, misal main di reso 1080p, 60fps dan settingan mentok rata kanan (ultra). Untuk editing juga saya sarankan jangan main di resolusi di atas 1080p, ya maksimal di 1080p dengan 24 atau 25 saja. Mungkin baru di reso 720p bisa 30fps atau 60fps, dan 3d modeling juga jangan yang terlalu rumit dan medetail. Untuk desain grafis saya rasa no problem, asal monitornya bagus.

Oke untuk resep rakitan atau racikan yang saya buat ini bukan asal-asalan dan hanya cpu saja, tidak termasuk monitor dan peralatan lain seperti keyboard, mouse, dan sebagainya. Tentu saja ini disesuaikan dengan harga pasaran hardware saat ini, dengan total harga 6,5 juta pas. Daripada terlalu lama, silahkan simak di bawah resep yang saya buat. Meski murah, tapi setidaknya bisa untuk bermain game masa kini seperti GTA V, Battlefield 1, atau bahkan Watch Dogs 2 dengan settingan medium-high di atas 30 fps tanpa perlu mengorbankan banyak uang dan listrik. Berikut racikan dari saya :)

1. Prosessor

Yang pertama dari prosesor atau procie saya memilih memakai Intel Pentium G4560. Meski masih dual core dengan hyperthread tapi dia sudah kabylake dan menggunakan socket intel yang terbaru yaitu 1151, jadi upgradable sih, bisa sobat up sampai core i7 7700k kalau punya uang berlebih. Selain itu harganya juga cukup murah, sekitar 1 jutaan, lumayanlah untuk starter.

2. VGA

Untuk VGA sebenarnya ada banyak pilihan, namun di sini saya memilih GTX 1050 dari Galax OC agar kinerjanya makin cepat juga. Dengan memory 2 GB dan arsitektur Pascal, untuk harga kisaran 1.7 juta saya rasa udah pas lah price dengan performa yang diberikan. Selain mantap untuk gaming, editing pun juga masih bisa dengan dukungan CUDA Core dari Nvidia. Ini juga alasan kenapa saya memilih Nvidia ketimbang saingannya Amd Radeon yang justru lebih prefer untuk mining saja.

3. RAM

Untuk urusan RAM saya masih recomend Corsair Vengeace 2400 Mhz, dengan kapasitas 8GB DDR4 single channel dan harga 800rb. Ini juga kelebihan intel kabylake, sudah support ram tipe ddr4 yang frekuensinya lebih cepat daripada ddr3. Kenapa single channel? Ya karena dananya masih limit, jadi bisa upgrade kapan-kapan kalau sudah ada uang.

4. Motherboard

Biostar B250 mungkin menjadi pilihan yang pas untuk mobo harga 1,2 juta, meski minim slot tapi sudah support USB 3.0, LAN RJ45, socket 1151 skylake-kabylake,ram ddr4, dan PCI-E tentunya, serta masih banyak lagi port yang bisa sobat gunakan.

5. Power Supply (PSU)

PSU yang saya racik di sini adalah Gamemax 550W Bronze 80+, lumayan murah untuk harga 560 ribu. Kenapa saya milih yang cukup besar? Tentu saja untuk masa kedepannya, untuk upgrade komponen pasti akan membutuhkan daya yang makin tinggi juga. Jadi tidak perlu beli power supply lagi, cukup gunakan yang lama saja.

6. Hardisk

Untuk urusan gaming mau tidak mau kita memang harus menyiapkan peyimpanan yang besar, karena game masa kini ukurannya sudah segede gajah. Untuk itu saya pilih hardisk dari WDC Blue 1 TB, cukuplah untuk menyimpan koleksi game yang cukup banyak dengan harga 720 ribu. Untuk kedepannya bisa sobat tambah lagi kalau ada duit.

7. Casing

Sebenarnya case tidak terlalu menjadi masalah, karena case sendiri banyak tipe dan bentuknya. Disini saya pakai yang murah sekitar 450 ribu, yaitu VenomRX Akuma dengan beberapa space untuk fan tambahan agar pc tidak panas dan support motherboard ATX. Selain itu juga sudah menggunakan kaca side panel, jadi "jeroan" PC kita akan terlihat.

Oke itu dia tadi ulasan singkatnya tentang PC gaming dan multimedia , bagi yang ingin merakit dengan racikan tadi bisa tulis resep tadi dan bawa ke toko komputer untuk minta dirakitkan. Atau beli dan rakit sendiri biar hemat uang, kalau dirakitkan pasti bakal nambah duit untuk biaya rakit tuh. Semua harga yang ada saya cek dari enterkomputer dan tokopedia, dan tentu tiap daerah pasti berbeda harganya. Semoga membantu sobat yang bingung ingin merakit pc tapi tidak tahu komponennya. Jika artikel ini membantu, jangan lupa untuk share ya. Salkomsel!

logoblog

Thanks for reading Rakit PC: Gaming dan Multimedia 6 Jutaan September 2017

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

1 komentar: