Kamis, 26 Oktober 2017

Transmisi Data: Pengertian, Tipe Channel, Kecepatan Transmisi, dan Media Transmisi Data

  Admin Nolep       Kamis, 26 Oktober 2017
Transmisi Data: Pengertian, Tipe Channel, dan Media Transmisi Data

UpilTekno - Pengertian Transmisi Data, Tipe Channel Transmisi Data, Kecepatan Transmisi, Media Transmisi Data | Pada artikel kedua ini dan beberapa waktu kedepannya, saya akan fokus membuat artikel mengenai "networking" karena saya sendiri adalah anak TKJ. Oke, jadi kali ini, kita akan membahas tentang apa itu transmisi data? tipe channel, berapa kecepatannya, serta media apa saja yang digunakan untuk melakukan transmisi data pada jaringan komputer.

Karena materi tentang transmisi data ini lumayan panjang, jadi saya putuskan untuk membuatnya lebih singkat namun tetap mudah dipahami, khususnya bagi kalian yang masih kelas 11 TKJ. Silahkan simak artikel di bawah sampai habis :)

Pengertian Transmisi Data

Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari sumber ke pengirim ke tujuannya dengan menggunakan computer atau alat elektronik lainnya, dengan menggunakan media transmisi yang berfungsi sebagai jalur transmisi dari data yang dikirim.

Tipe Channel Transmisi Data

1. Transmisi Satu Arah (one way transmission)
Merupakan arah channel pengiriman transmisi satu arah, dimana pengirim hanya berfungsi sebagai pengirim transmisi saja ke penerima, begitu juga penerima yang hanya memiliki satu fungsi sebagai penerima data saja.
Contoh: transmisi siaran radio dan TV

2. Transmisi Dua Arah Bergantian (either way transmission)
Adalah channel transmisi yang dapat mengalir pada dua arah, namun harus bergantian.
Contoh: penggunaan radio CB dan Walkie Talkie.

3. Transmisi Dua Arah Serentak (both way transmission)
Transmisi ini arah informasi data dapat mengalir dalam dua arah sekaligus, dalam kata lain dapat mengirim dan menerima data pada saat bersamaan.
Contoh: penggunaan telepon.

Kecepatan Transmisi Data

1. High Speed Network
Kapasitas transmisi data lebih besar dari 20 MBps yang biasanya diterpakan dalam LAN untuk mainframe besar.
Contoh : Loosely Coupled Network (control data corporation) dan hyper channel.

2. Medium Speed Network
Kapasitas transmisi data 1 sampai 20 MBps yang biasanya diterpakan dalam LAN untuk mainframe kecil atau mikro komputer.
Contoh : Ethernet, ARC Net, Local Net, dan Cable Net.

3. Low Speed PC Network
Kapasitas transmisi data lebih kecil dari 1 MBps yang biasanya diterpakan pada PC.
Contoh : Apple Talk dan Apple Machintosh.

Media Transmisi Data

1. Media Kabel
Sebagai media transmisi ketika jarak sumber dan pengirim tidak terlalu jauh. 2 Jenis kabel yang digunakan untuk media transmisi.

  • Coaxial Cable adalah kabel yang dibungkus dengan metal lembek, memiliki tingkat transmisi lebih tinggi dari kabel biasa, harganya lebih mahal juga.
  • Fiber Optic Cable adalah kabel yang terbuat dari serabut kaca yang tipis dengan diameter sebesar rambut manusia, kecepatan 10x lipat daripada coaxial.

2. Media Radiasi Elektromagnetik
Bila sumber data dan penerima berada dalam jarak yang jauh, media transmisi menggunakan media radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka, yang dapat berupa gelombang mikro (microwave), system satelit dan system laser.

3. Microwave
Microwave merupakan gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari sebuah pemancar ke pemancar lainnya, yang tidak boleh terhalang (line of sight) oleh bangunan, bukit, atau gunung. Cakupan wilayahnya sebesar 30 sampai 50 Km.

4. Satellite System
Stasiun pemancar microwave di bumi pada lokasi satu memancarkan sinyalnya ke satellite di luar angkasa, yang berfungsi sebagai statsiun relay untuk kemudian mengirimkannya kembali ke stasiun microwave di bumi pada lokasi lainnya yang ingin di tuju.

5. Sistem Laser
Menurut para ahli penggunaan teknologi sinar laser akan lebih optimal daripada media transmisi yang ada sekarang ini.

Nah itu dia tadi penjelasan singkat dari pengertian transmisi data sampai jenis media pengiriman data atau transmisi data apa saja yang digunakan dalam membentuk jaringan komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu tugas pekerjaan sobat semua, jika suka artikel ini kalian bisa bantu men-share ke teman kalian. Semoga bermanfaat!

logoblog

Thanks for reading Transmisi Data: Pengertian, Tipe Channel, Kecepatan Transmisi, dan Media Transmisi Data

Previous
« Prev Post

1 komentar: